Pengertian Cargo dan Jenis Pengiriman Cargo yang Perlu Diketahui

Pengertian Cargo dan Jenis Pengiriman Cargo yang Perlu Diketahui

Apa sih pengertian cargo? Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar istilah cargo?

Jika Anda pengusaha logistik maupun pelaku bisnis tentunya istilah cargo sudah tak asing lagi di telinga. Pengertian cargo adalah angkutan barang komersial dengan kapasitas besar yang menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara.

Pengiriman cargo memenuhi kebutuhan pelaku bisnis untuk mengirimkan barang dengan jarak tempuh antarkota, provinsi, dan negara. Istilah cargo juga berkaitan kegiatan impor dan ekspor barang yang menggunakan jasa ekspedisi, yaitu proses pengiriman barang yang di dalamnya juga termasuk mobilitas angkutan cargo.

Pihak-pihak yang berkaitan dengan proses pengiriman cargo adalah pengirim (shipper), penerima (consignee), pengangkut barang (carrier), termasuk warehouse operator. Pihak pengirim biasanya pelaku bisnis yang memerlukan jasa ekspedisi untuk mengirim barang ke pembeli atau pihak penerima.

Jasa ekspedisi atau freight forwarder memegang peran sangat penting dalam pengiriman cargo sebagai pihak pengangkut. Sedangkan warehouse operator dikenal sebagai petugas gudang penyimpanan yang memastikan kondisi barang pesanan aman dan sesuai data.

Dalam bisnis pengiriman cargo biasanya digunakan konsep total logistic service. Ada beberapa perusahaan kelas dunia yang telah menggunakan konsep ini, yang membuatnya dianggap sebagai global player yang memegang bisnis angkut logistik dunia.

Pengertian Cargo dan Jenis Pengiriman Cargo yang Perlu Diketahui

Jenis – Jenis Cargo

Untuk membagi jenis-jenis cargo, terdapat klasifikasi berdasarkan penanganan yaitu general cargo dan special cargo. Berikut penjelasan rincinya:

General Cargo

General cargo adalah barang-barang yang tidak memerlukan penanganan ekstra atau khusus dalam pengirimannya. Tetapi untuk menjaga keamanan tetap menggunakan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati.

Barang kiriman yang termasuk dalam jenis cargo ini adalah pakaian, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, dan sebagainya.

Special Cargo

Pengertian cargo jenis ini adalah barang kiriman yang membutuhkan penanganan ekstra atau special handling. Adapun penanganan khususnya termasuk dalam penerimaan, pengangkutan, dan proses pengirimannya.

Berikut beberapa kategori barang yang masuk ke dalam jenis cargo ini:

  • Explosive material (REX), yaitu jenis barang yang mengandung zat kimia dan mudah meledak seperti petasan, peluru, mesiu, senjata berat, dan lainnya.
  • Flammable goods (RFL), yaitu barang yang mudah terbakar seperti bentuk gas, padat atau cair misal oksigen (zat asam/pembakar).
  • Wet freight yaitu barang berbentuk cairan maupun barang padat bercampur cairan yang muatannya harus dalam kontainer. Misal daging segar, udang basah, makanan, telur, dan lainnya.
  • Perishable goods (PER) yaitu barang yang mudah busuk dan hancur selama perjalanan. Barang ini harus dilapisi bahan pengawet untuk membuatnya tahan lama (awet) dalam pengiriman. Contohnya buah, bahan makanan, tumbuhan hidup.
  • Dangerous when wet: Barang berbahaya yang mudah meledak jika basah atau lembap, misal karbit.
  • Live animal (AVI) yaitu pengangkutan hewan-hewan hidup dari tempat jauh melalui udara, misal sapi, kuda, ikan hias, monyet, anjing, kucing, burung.
  • Human remains (HUM) yaitu pengangkutan khusus jenazah manusia melalui udara, baik jenazah utuh (jasad), sudah dikremasi atau abu, dan dibalsem atau tidak dibalsem.
  • Irritant material adalah barang ataupun bahan yang mengandung zat perangsang yang dapat merangsang atau sumbu ledakan untuk benda lainnya, misal alkohol, gas, dan spiritus.
  • Gasses (RPG) adalah jenis barang-barang kiriman yang mudah menguap seperti misalnya Butane, Hydrogen, Propane dan sejenisnya.
  • Flammable liquids (RFL) yaitu barang kiriman yang bersifat zat cair dan memiliki sifat yang mudah terbakar seperti certain paints, Alcohols, Varnishes, BBM, dan lain- lain sebagainya.
  • Flammable solids (RFS) adalah jenis kargo atau barang- barang zat padat dan memiliki sifat mudah terbakar seperti Matches, Bahan bakar padat, dan sejenisnya.
  • Oxidizing substances (ROX) & Organic peroxide merupakan barang yang mudah menguap, jika dihirup manusia mengakibatkan pusing atau mengantuk seperti Calcium chloride & ammonium nitrate.
  • Toxic (RPB) & Infectious substances (RIS) adalah barang-barang yang mengandung racun seperti sianida, pestisida, virus hidup, bakteri hidup, virus HIV, dan barang lain sejenisnya.
  • Radioactive material (RFW) adalah zat yang mana bila terkena sinar akan bereaksi dan dapat membahayakan bagi manusia, hewan dan beberapa jenis kargo lainnya.
  • Corrosives (RCM) adalah barang-barang yang mengandung karat seperti asam batu baterai dan merkuri.
  • Miscellaneous dangerous goods (RMD) adalah barang-barang lain yang dianggap berbahaya dan mengancam keselamatan penerbangan apabila diangkut dengan menggunakan moda transportasi udara seperti magnet, biang es, kendaraan, kursi roda elektrik, dan lain-lain.
Ragam Ukuran Container Pengiriman Barang yang Wajib Diketahui

Irregularity Cargo

SBU Garuda mengartikan irregularity cargo adalah masalah yang terjadi saat cargo dalam proses penanganan. Kondisi ini merupakan penyimpangan dan ketidaksesuaian pelayanan dan penerapan berdasarkan standard operation procedure yang berlaku.

Berikut beberapa pengertian cargo yang termasuk ke dalam jenis ini.

  • Missing Cargo adalah cargo yang menghilang dan tidak ditemukan. Berdasarkan sumber pemberitahuan jenis ini terbagi menjadi kargo hilang di stasiun pemberangkatan atau di stasiun tujuan.
  • Damage Cargo adalah kargo yang mengalami kerusakan seperti packing, isi atau kualitas dari cargo.
  • Overload Cargo adalah kargo yang gagal diangkut karena kelebihan kapasitas muatan pada transportasi angkutan.
  • Found Cargo adalah penemuan kargo di stasiun tertentu yang berbeda dari stasiun tujuan.

Dalam pengangkutan cargo melalui jasa ekspedisi, Anda perlu memastikan barang kiriman sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk memastikan keamanan barang.

Jangan lupa untuk memilih jasa ekspedisi tepercaya agar pengiriman cargo terkendali tanpa masalah.

Demikian pengertian cargo yang harus Anda ketahui, berikut beberapa jenisnya. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.