Ongkos Kirim Barang dari China ke Indonesia

Hampir setiap orang pasti ingin tahu berapa ongkos kirim barang dari China ke Indonesia, karena China adalah surganya barang murah. Sehingga hal ini membuat banyak orang selalu ingin melakukan kegiatan impor dari negara China yang kemudian dijual kembali di Indonesia. Selain lebih murah, bisnis jual barang impor ini juga menguntungkan.

Tak heran bila kemudian ini membuat kata ‘ekspedisi’ sepertinya menjadi tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Dalam KBBI, ekspedisi merupakan pengiriman barang, surat, dan perusahaan yang bekerja melayani proses pengangkutan apapun. Sementara itu, jasa ekspedisi merupakan badan usaha/perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang lewat jalur laut, udara, dan darat.

Jadi bila Anda bertanya tentang berapakan ongkos kirim barang dari China ke Indonesia? Sudah pasti hal ini tergantung dari ketentuan pihak ekspedisinya. Karena setiap jasa ekspedisi memiliki ketentuan tersendiri terhadap perhitungan ongkos kirim dan layanannya. Apakah akan menggunakan jalur darat, udara, dan laut. Dari ketiga jalur ini, jalur laut merupakan yang termurah.

Sementara itu, cara kerja jasa import barang China ketika mengirimkan barang ke Indonesia umumnya mengikuti standar operasional prosedur masing-masing. Ada bebera dari mereka yang memudahkan prosesnya, namun ada pula peraturan ketat didalamnya demi menjamin keamanan saat pengiriman berlangsung. Semakin ketat dan aman, harga ongkos kirimnya juga lebih mahal dibandingkan lainnya.

Keuntungan Import Barang dari China

Seperti yang terlihat bahwa saat ini jumlah permintaan barang dari China semakin meningkat. Hal ini membuat bisnis import barang dari China menjadi peluang terbaik bagi pebisnis untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Tapi, mengapa harus import barang dari China? Berikut ini adalah keuntungan jika menggunakan jasa import barang China untuk bisnis:

  1. Dilihat dari segi harga, setiap barang dari China pasti lebih murah dibandingkan tempat lain. Dengan harga yang lebih murah, hal ini membuat Anda bisa lebih leluasa menjual barang itu kembali dengan keuntungan 10x lipat lebih banyak, lengkap dengan pengirimannya. Maka dari itulah menggunakan jasa forwader dari Cina itu menguntungkan.
  2. Dengan membeli barang unik dari China, Anda bisa menjual produk langka di Indonesia. Otomatis dengan produk yang berbeda inilah membuat peluang mendapatkan pembeli semakin banyak. Karena kompetitornya tidak banyak yang menjual barang seperti itu di Indonesia. Sehingga peran jasa forwader dari Cina ini sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis.
  3. Impor barang dari China membuat bisnis Anda cepat berkembang pesat. Karena Anda bisa menjadi supplier/ vendor barang impor dari China yang membuat usaha semakin berkembang. Apalagi produknya selalu inovatif, sehingga ini bisa memberikan poin plus jika Anda memanfaatkan ekspedisi China Indonesia untuk impor barang dari sana.

Perhitungan Ongkos Kirim Barang dari China ke Indonesia

Kembali lagi dalam pembahasan awal tentang perhitungan ongkos kirim dari China ke Indonesia. Umumnya ketika pihak eksportir dan importir melakukan kesepakatan bersama, maka kegiatan impor baru dapat dilakukan. Selama penantian barang impor, importir biasanya akan mendapat surat pemberitahuan/ dokumen international courier dan notice of arrival dari jasa ekspedisi China Indonesia.

Setelah kapal yang membawa barang impor sampai di pelabuhan, maka importir dapat mengurus semua dokumennya dan menghitung estimasi bea masuk dan pajak sendiri. Cara perhitungan ongkos kirim barang China ke Indonesia dilihat dari estimasi bea masuk dan pajaknya sebagai berikut: Untuk menghitung bea masuk, maka ..% (CNF/ CIF x NDPBM).

Untuk menghitung bea masuk tambahan dalam menggunakan jasa forwarder China ke Indonesia adalah ..% (CNF/ CIF x NDPBM). Sedangkan untuk menghitung nilai PPN, pajak penghasilan, dan PPNBM adalah ..% (CNF/ CIF x NDPBM) + bea masuk + tambahan. CIF disebut cost insurance freight, harga produk + asuransi + ongkos kirimnya.

Sedangkan CNF adalah harga barang luar negeri +ongkos angkut biaya tambang. Kemudian, NDPBM merupakan nilai dasar perhitungan bea masuk yang disesuaikan dengan kurs nilai dari tukar mata uang asing. Jika biaya freight tidak ada dalam bill of landing, maka besarannya dihitung berdasarkan ketentuan dari jasa forwarder China ke Indonesia.

Cara Kirim Barang Cina ke Indonesia

Punya bisnis jual beli barang impor dari China? Bagi pelaku bisnis pemula yang ingin mencoba keberuntungannya dengan menjual barang dari China, sebaiknya pahami dulu bagaimana cara impornya. Dengan begitu keuntungan yang didapatkan semakin besar. Berikut ini adalah cara kirim barang Cina ke Indonesia yang paling mudah, antara lain:

  1. Carilah barang lewat eksportir luar negeri/ suppliernya langsung. Harganya harus disepakati sehingga Anda bisa melakukan pembayaran langsung berdasarkan perjanjian perdagangan. Dari sinilah pihak supplier akan mempersiapkan barangnya dan dibawa menuju pelabuhan untuk dikirim ke Indonesia. Semua berkas yang dibutuhkan importir akan dikirim lewat email dan faksimile.
  2. Setelah itu, cara kirim barang Cina ke Indonesia selanjutnya adalah pihak importir mengurus dokumennya yang dikirim oleh supplier. Dalam hal ini, Anda harus memahami tentang PPH, pajak, dan jumlah bea masuknya. Setelah itu, bank akan mengirim data ke sistem Bea Cukai secara online. Sedangkan importir mengirim pengajuannya ke sistem.
  3. Dari sinilah berkas pengajuan impor barang akan diverifikasi. Setelah itu surat persetujuan pengeluaran barang akan diterbitkan. Bila PIB masuk ke dalam jalur merah, maka akan ada pemeriksaan fisik dari petugas Bea Cukai. Setelah suratnya terbit, importir mendapat pemberitahuan Bea Cukai lewat PIB. Kemudian, barang baru bisa dikirim ke Indonesia.

Tips Memilih Jasa Import Barang China

Dalam mengirim barang impor dari China ke Indonesia tidak boleh sembarangan. Maka dari itulah pilih jasa yang tepat dan terpercaya supaya tidak tertipu oleh pihak tertentu. Maka dari itulah jika Anda sedang mencari jasa ekspedisi import yang tepat, sebaiknya perhatikan dulu tipsnya berikut ini sehingga prosesnya lebih cepat dan aman:

  1. Pilih pihak ekspedisi yang punya lokasi kantor jelas. Setiap jasa ekspedisi yang bisa dipercaya pasti punya alamat kantor jelas, lengkap dengan nomor teleponnya. Nomor teleponnya harus bisa dihubungi. Bila Anda masih ragu, pastikan datang ke kantornya secara langsung untuk memastikan sendiri saat berencana untuk impor dari China ke Indonesia.
  2. Pilihlah jasa ekspedisi import yang berani memberikan garansi. Pihak ekspedisi yang berani memberi jaminan keamanan dalam proses pengiriman barang merupakan ciri-ciri dari jasa yang berkualitas. Maka dari itulah pastikan mereka berani memberi asuransi dan garasi terhadap barang Anda agar lebih aman dan tetap mendapat ganti saat barangnya hilang.

Yang pasti, jangan melihat dari biaya murahnya, karena ini akan mempengaruhi kualitas pengirimannya. Misalnya barang menjadi tidak sampai, hilang, atau rusak. Namun jika Anda masih merasa info di atas kurang jelas, silahkan hubungi kami. Kami merupakan jasa ekspedisi import yang siap memenuhi kebutuhan Anda dalam pengiriman barang dari luar negeri.

Konsultasi Impor GRATIS
TLP/WA: 081388342235
Lokasi: Ruko Cordoba Block A No.26
JL. Marina Indah, Pantai Indah Kapuk, Kamal Utara, Jakarta Utara 14470

Leave a Reply

Your email address will not be published.