5 Cara Memilih Jasa Importir yang Tepercaya dan Berkualitas

5 Cara Memilih Jasa Importir yang Tepercaya dan Berkualitas

Melakukan transaksi barang impor tentunya memerlukan bantuan untuk menghubungkan pembeli dan pengusaha. Apa yang dapat membantu transaksi tersebut berjalan dengan baik? Ya, tentu saja melalui layanan jasa importir.

Pengetahuan dasar yang perlu dipahami oleh seseorang yang bekerja pada layanan jasa importir adalah terkait seluk-beluk perdagangan internasional. Apa yang perlu dipelajari? Antara lain:

  • Berhubungan dengan pihak yang berkaitan dengan perdagangan internasional (institutional approach)
  • Mempelajari dokumen terkait perdagangan internasional (documentation approach)
  • Memahami proses perdagangan internasional (international trade process)

Jasa importir sering kali disebut dengan istilah freight forwarding. Perusahaan ini memberikan jasa terima dan kirim barang melalui berbagai jalur seperti laut, udara, maupun darat. Selain itu jasa ini juga bertanggung jawab mengurusi kepabeanan termasuk pengiriman barang impor door to door.

Jasa importir ini sangat berguna bagi mereka yang membuka bisnis impor. Dengan begitu lalu lalang transaksi kirim barang impor akan lebih mudah dan terjamin. Lalu bagaimana cara mencari dan memilih jasa importir tepercaya dan berkualitas? Ternyata cukup sederhana kok. Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai ya.

Forwarding Adalah Jasa Pengangkutan: Seperti Apa dan Bagaimana Skemanya?

Memilih Jasa Importir Tepercaya dan Berkualitas

1. Pastikan Memiliki Reputasi Baik

Membangun reputasi yang baik membutuhkan waktu bertahun-tahun. Hal ini pasti diamini oleh pemilik bisnis mana pun. Hanya saja titik reputasi yang bisa berbeda satu bisnis dengan yang lainnya.

Dalam hal ini, proses dan jaminan pengiriman barang merupakan reputasi dan koneksi yang mendorong bisnis jasa importir.

Jika Anda ingin bisa bekerja sama dengan jasa importir yang tepercaya, yang menawarkan layanan berkualitas, maka pastikan untuk memeriksa apakah perusahaan tersebut menjadi anggota ALFI/ILFA (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia / Indonesian Logistics & Forwarders Association).

Jaringan kemitraan logistik ini adalah tolok ukur yang baik untuk memverifikasi apakah sebuah perusahaan ekspedisi dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik.

2. Temukan Forwarder dengan Pengalaman yang Tepat

Terkait pengalaman atau riwayat pengiriman barang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Misalnya, jika Anda berurusan dengan bea cukai impor dan ekspor, Anda perlu mengetahui apakah jasa importir tersebut memiliki pengetahuan industri yang memadai untuk menavigasi undang-undang dan segala macam peraturan, baik di negara asal maupun di negara tujuan.

Anda juga perlu memikirkan segala aturan yang berhubungan dengan jenis kargo. Misalnya saja ketika Anda mengirim barang impor yang mudah rusak, maka Anda akan memerlukan wadah reefer. Hal-hal seperti ini butuh skill dan pengetahuan yang cukup memadai agar semua pengiriman bisa berjalan lancar.

Mengetahui jasa importir melakukan proses pengiriman dengan baik  untuk mengangkut barang adalah yang terpenting.

3. Pastikan Mereka Memiliki Jaringan yang Baik

Hubungan industri pengirim barang sangat penting. Koneksi dalam industri perkapalan adalah pembeda antara sukses dan gagal.

Koneksi inilah yang memungkinkan pengirim untuk memanfaatkan operator untuk tarif yang lebih baik, dan juga membantu mereka memastikan bahwa dokumen dan otoritas lokal dapat di navigasi dengan lebih efisien.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan jasa pengirim barang yang Anda gunakan, pastikan untuk meminta referensi, atau tanyakan dengan siapa saja mereka bekerja selama ini.

4. Pilih Jasa Importir dengan Manajemen Dokumen yang Baik

Penting untuk mengetahui apakah jasa importir yang Anda sewa dapat memberikan layanan manajemen dokumen. Beberapa yang terpenting adalah pada:

Pengurusan dokumen penyerta

Pastikan untuk menemukan perusahaan yang betul-betul memahami manajemen dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk pengiriman barang. Misalnya tahu bagaimana membuat amandemen untuk mendokumentasikan kesalahan, memperoleh sertifikat (asuransi, inspeksi, dan lain-lain), mempersiapkan dan meninjau dokumentasi, membantu pengurusan bea cukai, dan lain sebagainya.       

Proses pengiriman logistik

Anda juga perlu memastikan bahwa jasa importir dapat menawarkan layanan, seperti negosiasi tarif angkutan untuk udara, laut, dan jalan, menawarkan kelancaran proses ekspor dan impor, menemukan rute yang sesuai untuk pengiriman, mengatur pengepakan dan pemuatan, menemukan asuransi pengiriman yang sesuai, hingga melakukan pembayaran atas nama Anda untuk berbagai vendor yang bersangkutan.

Layanan dan tugas manajemen dokumen yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari apa yang dapat dibantu oleh jasa importir atau freight forwarding.

5 Cara Memilih Jasa Importir yang Tepercaya dan Berkualitas

5. Ada Layanan Asuransi Kargo is a Plus

Setelah menemukan jasa layanan pengiriman barang dari luar negeri dengan harga yang sesuai, menawarkan layanan yang dibutuhkan, dan memiliki rasa saling percaya, sekarang Anda perlu memikirkan satu masalah terakhir, yaitu asuransi kargo.

Jika Anda menginginkan ketenangan pikiran dan pengurangan risiko, maka penting untuk membeli asuransi kargo yang memberikan perlindungan untuk pengiriman melalui darat, laut, atau udara. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan kehilangan atau kerusakan pada kiriman barang.

Memindahkan dan mengirimkan barang ke berbagai pelosok dunia adalah proses yang kompleks, yang melibatkan banyak prosedur berbeda, sehingga sering kali bisa salah dan menyebabkan masalah di seluruh prosesnya. Karenanya Anda akan butuh jasa importir yang benar-benar cakap dan ahli di bidangnya.

Tentu saja, harga jasa importir berpengalaman akan berbeda, tetapi fokuskanlah pada efisiensi yang dapat dicapai. Anda terbebas dari rasa stres karena ada jaminan barang terkirim dan selamat sampai tujuan, Anda pun tak harus repot mengurusi tetek bengek lainnya. Anda bisa fokus mengurus bisnis, dan serahkan saja urusan pengiriman barang pada ahlinya.

Karena itu, ada baiknya memiliki hubungan jangka panjang yang baik dengan suatu jasa importir, terutama dengan mereka yang dapat dipercaya kompetensinya. Sembarangan dalam memilih layanan pengiriman barang akan berisiko lebih tinggi dalam jangka panjang.

Nah, semoga sedikit tip cara memilih jasa importir tepercaya dan berkualitas di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.