Bisnis Impor Barang Meningkat, Jasa Impor Door to Door Solusinya

Bisnis Impor Barang Meningkat, Jasa Impor Door to Door Solusinya

Kebutuhan jasa ekspedisi logistik kian meningkat seiring kemajuan aktivitas perdagangan internasional, termasuk ekspor dan impor. Terlebih bisnis impor yang saat ini menjadi andalan untuk memulai usaha. Salah satu cara mempermudah mobilitas barang kiriman impor adalah dengan jasa impor door to door.

Jasa impor dipercaya untuk mengangkut barang kiriman dari negara asal ke negara tujuan importir dengan aman. Layanan ini sangat menguntungkan dan memudahkan pihak importir maupun eksportir dalam proses transaksi.

Apa yang Dimaksud dengan Jasa Impor Door to Door?

Dalam layanan logistik ini, door to door artinya penawaran untuk mengirim barang dengan layanan pengangkutan dari tempat eksportir ke tempat importir berada.

Importir tak perlu khawatir karena layanan yang ditawarkan mulai dari jemput barang, pengangkutan via udara, darat maupun laut, prosedur bea cukai, hingga pengiriman langsung ke tangan importir. Semua prosesnya akan terjamin oleh jasa impor door to door.

Layanan ini sering digunakan lantaran sistem kerja yang efisien. Lain halnya dengan jasa port to port, ketika importir harus menjemput barang kirimannya sendiri ke tempat penerimaan barang. Entah itu di pelabuhan, bandara, atau gudang.

Keuntungan Menggunakan Jasa Impor Door to Door

Tidak hanya itu, banyak keuntungan lain yang ditawarkan layanan jasa impor door to door, misalnya yang seperti di bawah ini.

Efisiensi Harga

Biaya pengeluaran berada di satu paket yang mencakup handling export, stuffing, trucking, warehousing, PPN PPH, dan lainnya. Dalam artian urusan terkait perizinan dan biaya pabean sudah terkendali.

Mengurus Masalah Kepabean

Berbagai masalah berkenaan dengan kuota impor, barang yang dikenakan lartas (larangan pembatasan), karantina SNI dan sebagainya. Door to door menjadi solusi untuk kondisi di atas.

Waktu Pengiriman dapat Diatur

Jika Anda ingin barang kiriman cepat sampai, gunakan transportasi udara dengan estimasi harga yang lebih tinggi. Namun, pengiriman lewat udara bisa berkali-kali lebih cepat dibandingkan jalur laut.

Door to Door is a One-Stop Solution

Artinya segala proses layanan pengiriman ditanggung oleh pihak forwarder. Tak heran, jasa ini disebut juga dengan one-stop solution dalam dunia bisnis.

Hal penting yang wajib diketahui adalah dokumen untuk impor barang yaitu Bill of Lading (BL), Invoice barang impor, rincian barang yang diimpor, purchase order atau sales contract atau sales order, dan certificate of origin jika ada.

Namun, jika Anda menggunakan jasa impor door to door, hal tersebut tidak diperlukan. Jasa forwarder hanya membutuhkan packing list dan beri label pada setiap barang sesuai di list tersebut guna memudahkan mereka dalam mengecek kelengkapan barang kiriman.

Nah, apa saja yang Anda dapatkan ketika menggunakan jasa impor door to door?

 Layanan Jasa Impor Door to Door

Layanan pengiriman internasional ini mencakup pengurusan gudang, manajemen, penilaian risiko, dan dokumentasi juga akan tersedia. Anda juga akan mendapatkan panduan pengemasan yang benar, bantuan dengan asuransi kargo dan bea cukai, penyediaan semua dokumentasi yang diperlukan, dan jaminan bahwa kiriman Anda akan sampai ke tujuan dengan keamanan maksimum dan biaya minimum.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan sejumlah langkah dari sistem kerja jasa layanan impor door to door ini.

  • Importir menyelesaikan kesepakatan dan melunasi transaksi perdagangan dengan supplier.
  • Importir memilih jasa forwarder tepercaya untuk mengurus pengangkutan dan pengiriman barang yang telah dibeli.
  • Di sini importir mengirimkan packing list barang yang telah dikemas oleh supplier dan diberikan ke forwarder. Pihak forwarder akan menghitung, membuat kuitansi, sekaligus memberi status proses pengiriman barang sedang dilakukan.
  • Kemudian, pihak importir akan menunggu pengiriman sampai di tempatnya. Sedangkan, pihak forwarder akan mengelompokkan barang sebelum dikirim ke negara tujuan. Barang kiriman akan diklasifikasikan berdasarkan tujuan dan jalur yang dipakai. Misalnya pengiriman cargo jalur laut artinya barang akan dimasukkan ke kontainer sesuai jenis barang dan ditumpuk di atas kapal dengan kontainer lain.
  • Barang impor yang telah memasuki wilayah pabean dikenakan pajak bea cukai. Dalam hal ini, jasa forwarder yang menanggung biayanya, dan mengurus perizinan masuk barang impor tersebut.
  • Setelah menyelesaikan urusan terkait perpajakan, waktunya persiapan untuk pengiriman barang ke tempat importir. Barang akan masuk ke tempat penerimaan barang sekaligus dokumen penting dan biaya terkait pengiriman yang ditanggung oleh eksportir dan importir.
  • Proses selanjutnya adalah pengangkutan impor. Dalam waktu beberapa hari barang akan sampai di tempat penerima sesuai dengan jarak tempuh. Importir hanya perlu menerima barang yang dikirimkan di tempatnya tanpa perlu menjemput ke gudang.

Jika Anda akan mengirim barang secara internasional, jasa impor door to door adalah pilihan yang sangat ideal. Menggunakan perusahaan logistik pihak ketiga akan membantu Anda merampingkan biaya sekaligus memungkinkan Anda untuk berekspansi ke pasar internasional untuk mengirimkan ke pelanggan di seluruh dunia.

Proses di atas akan lebih menguntungkan jika Anda tepat memilih jasa forwarder yang baik. Sebagai pengusaha Anda tentunya ingin sebisa mungkin menghindari kerugian bukan? Nah, pemilihan jasa forwarder juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai layanan jasa impor door to door sekaligus cakupan pelayanan dan juga proses kerjanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.