Mau Kirim Barang Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Mau Kirim Barang Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Menjalankan bisnis kecil atau menengah saat ini menantang Anda untuk bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Dengan teknologi, bisnis Anda dapat berekspansi ke ranah internasional. Setelah menjangkau pelanggan dari berbagai negara, tentunya Anda perlu memahami cara kirim barang ke luar negeri yang aman dan mudah.

Mengirim produk Anda ke luar negeri adalah cara yang bagus untuk memperluas dan mendiversifikasi usaha Anda. Dalam hal ini, keuntungan dari bisnis ekspor tentu menggiurkan. Namun, wajar jika merasa khawatir ketika memikirkan pengiriman internasional. Prosesnya yang rumit, membuat pebisnis rentan khawatir akan kerugian saat pengiriman barang.

Sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negeri, pastikan Anda memahami aturan yang berlaku terkait ekspor di masing-masing negara tujuan. Cari tahu informasi sebanyak mungkin, hal ini untuk menghindari adanya pembatasan jumlah barang tertentu bagi suatu negara.

Nah, setelah memahami regulasi ekspor barang negara tujuan bisnis Anda, berikut ini adalah 5 cara kirim barang ke luar negeri yang harus diperhatikan.

Banyak Peminat, Bisnis Impor 7 Barang Unik dan Lucu dari Tiongkok Ini Laku Keras!

Langkah-Langkah Kirim Barang ke Luar Negeri

Ketahui kondisi barang kiriman termasuk dalam hal melengkapi faktur komersial. Jelaskan tidak hanya apa yang Anda kirim, tetapi detail lainnya seperti jumlah unit dan nilai total kiriman Anda. Semua detail ini sangat penting bagi petugas bea cukai untuk dapat menerapkan klasifikasi yang benar pada kiriman Anda. Setelah memastikan barang, pengiriman paket siap dilakukan.

Tentukan ekspedisi untuk kirim barang ke luar negeri. Cari jasa ekspedisi yang mempunyai reputasi baik dalam pengiriman paket ke luar negeri. Tentukan jasa ekspedisi mana dan jalur pengiriman apa yang akan Anda gunakan, laut atau udara? Pastikan layanan yang ditawarkan lengkap dan efisien.

Isi formulir pengiriman barang dan kelengkapan dokumen yang diminta kemudian serahkan barang kiriman Anda ke jasa ekspedisi tersebut. Lunasi biaya pengiriman paket.

Jangan lupa untuk meminta nomor resi pengiriman agar Anda dapat memantau secara berkala proses pengirimannya.

Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Jalur pengiriman yang ditawarkan untuk kirim barang ke luar negeri biasanya terdiri dari via laut dan udara. Keduanya tentu memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Berikut penjelasan lengkap mengenai kedua jalur pengiriman barang ini.

Kirim Barang Jalur Udara

Pengiriman paket jalur udara cocok untuk Anda yang ingin mengirimkan barang dalam keadaan mendesak. Menggunakan transportasi pesawat, barang akan lebih cepat sampai dibandingkan dengan jalur laut.

Kecepatannya ini menjadi keunggulan walaupun harga yang harus dibayarkan lebih mahal. Kenapa pengiriman bisa lebih cepat? Ya, karena dengan pesawat pengiriman selalu ada setiap hari tanpa menunggu beberapa minggu atau bulan. Kekurangannya, muatan barang kiriman via udara memiliki keterbatasan kapasitas.

Kirim Barang Jalur Laut

Pengiriman yang menggunakan kapal kargo ini dapat membawa banyak kontainer dengan berbagai jenis. Biaya pengiriman jalur laut ini jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan jalur udara. Dengan kapal kargo, barang kiriman dapat diangkut dalam jumlah yang banyak karena kapasitasnya besar.

Namun, pengiriman akan lebih lama karena barang harus melalui tahap pengumpulan untuk mencapai jumlah yang besar sebelum diangkut ke negara tujuan. Jalur ini cocok bagi Anda yang akan kirim barang ke luar negeri dengan jumlah besar.

Mau Kirim Barang Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri dan Pajaknya

Pertanyaan pertama ketika Anda akan mengirimkan paket ke luar negeri, “Berapa ya ongkos kirimnya? Mahal tidak ya?”

Untuk ongkos kirim sendiri, semuanya kembali lagi kepada kebijakan jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Beberapa layanan ekspedisi menawarkan paket promo ke luar negeri agar lebih hemat dengan potongan harga ongkos kirim bagi pengguna online atau pengguna bank tertentu.

Selain itu, tarif ongkos kirimnya pun berbeda setiap negara tujuan. Lebih murah jika Anda mengirim paket ke negara yang masih di sekitar Indonesia, seperti Singapore, Malaysia, Thailand, dan sekitarnya.

Selain ongkos kirim paket, hal lain yang sering dikhawatirkan adalah pajak pengiriman ke luar negeri. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai regulasi negara tujuan Anda. Di lain kondisi, Anda bisa saja hanya perlu membayar ongkos tanpa pajak. Terlebih, biasanya pajak ditanggung oleh si penerima paket.

Begini Cara Hitung Volume Barang Kiriman dengan Rumus Kubik

Tip Kirim Barang ke Luar Negeri agar Aman

Proses pengiriman barang ke luar negeri tidaklah sederhana. Barang kiriman Anda akan bercampur dengan barang kiriman lain dengan tujuan yang sama. Karena itu, ada baiknya untuk Anda memperhatikan beberapa hal berikut untuk membuat paket Anda terkirim dengan aman.

  1. Kemasi barang seapik mungkin dengan bungkus tebal dan lapisi dengan perekat yang kuat, seperti selotip atau lakban. Apabila barang kiriman Anda rentan rusak, pastikan bungkus dengan bubble wrap atau kardus maupun kayu agar tahan saat berbenturan.
  2. Gunakan jasa asuransi untuk memastikan pengiriman barang lebih aman. Asuransi menjamin keamanan kualitas barang kiriman tidak berkurang dan sampai kepada penerima dengan tepat waktu. Apabila terjadi kerusakan, akan ada pengembalian uang berdasarkan kesepakatan.
  3. Sebelum dikirim, dokumentasikan paket dengan foto maupun duplikasi dokumen barang kiriman sebagai bukti untuk penerima bahwa paket dikirim dalam kondisi yang baik.

Demikianlah seluk beluk cara kirim barang ke luar negeri dengan mudah. Pilihlah jasa pengiriman barang tepercaya yang menawarkan layanan yang memuaskan, agar paket Anda bisa sampai ke tujuan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.