7 Keunggulan Menggunakan Jasa Freight Forwarder: Menguntungkan Bisnis!

7 Keunggulan Menggunakan Jasa Freight Forwarder: Menguntungkan Bisnis!

Aktivitas sektor perdagangan terus meningkat dan mobilitas barang yang masuk dan keluar semakin cepat. Peningkatan tersebut mendorong kebutuhan jasa angkut barang yang dapat mengakomodasi perpindahannya, salah satunya adalah jasa freight forwarder.

Operasional jasa freight forwarding ini tentunya memiliki ketentuan yang diatur pemerintah terkait dengan aspek perpajakan. Hal ini berguna untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan bagi pengusaha.

Freight forwarder memiliki peran penting dalam bisnis di bidang logistik. Perusahaan ini membuka jasa pengiriman dengan skala internasional melalui darat, udara atau laut. Sebagai perantara antara produsen dan konsumen, perusahaan jasa ini sangat membantu pengiriman dan penerimaan barang ke berbagai belahan dunia.

Pengelolaan logistik ini menghadirkan tingkat kerumitan tertentu, karena ada kebutuhan untuk mengatur jenis transportasi, memilih rute yang paling efisien demi menghemat waktu dan mengurangi biaya, pengurusan asuransi, memilih kemasan yang tepat tergantung pada pengiriman yang akan dilakukan, mengatur penyimpanan hingga pendistribusian barang. Karenanya, peran jasa freight forwarding ini penting sekali.

Jasa freight forwarder impor dan ekspor memfasilitasi pengiriman bagi importir dan eksportir, sekaligus bertindak sebagai penjamin untuk memastikan bahwa operasi komersial berlangsung di bawah kondisi yang disepakati. Namun, apa saja keuntungan spesifik yang ditawarkan oleh agen forwarding?

Keuntungan yang Ditawarkan oleh Perusahaan Freight Forwarder

1. Penerimaan dan Pengiriman Tepat Waktu

Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika pihak pengirim barang tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan tepat waktu. Ketika sebuah paket hilang, apalagi jika pengirimannya ke luar negeri, maka pengurusannya akan rumut. Biasanya, klien merasa bingung karena tidak banyak yang bisa mereka lakukan.

Freight forwarder hadir sebagai pihak yang menawarkan jasa pengiriman kepada klien, dan menjamin barang sampai tepat waktu. Mengapa bisa demikian? Karena mereka sudah berpengalaman, dan memiliki orang-irang yang terampil mengurus tetek-bengek masalah pengiriman barang, mulai dari perencanaan proses transportasi sampai barang sampai di tangan klien dengan aman.

2. Punya Sistem Tracking yang Efisien

Bisa jadi, akan butuh waktu yang cukup lama hingga kiriman barang akhirnya dapat mencapai tujuannya. Bahkan bisa berbulan-bulan, jika barangnya banyak atau besar dengan jenis transportasi tertentu.

Siapa yang tak lantas khawatir jika sampai kehilangan barang dagangan mereka dalam proses yang panjang ini?

Namun, dengan jasa freight forwarder dengan sistem pelacakan kargo yang canggih, klien dapat melihat barang kiriman sampai di mana, dan bagaimana kondisinya, sehingga mereka akan merasa lebih nyaman.

Dengan adanya sistem pelacakan pengiriman barang ini, klien juga tahu kapan barang akan diterima sehingga mereka lebih mudah mempersiapkan diri dalam penerimaannya.

Forwarding Adalah Jasa Pengangkutan: Seperti Apa dan Bagaimana Skemanya?

3. Keamanan

Manfaat paling signifikan dari penggunaan jasa freight forwarder adalah mereka menawarkan keamanan yang terjamin untuk barang Anda.

Anda dapat merasa tenang karena barang-barang berada di tangan yang dapat diandalkan untuk mengirimkan barang berharga ke negara yang jauh. Pengangkut barang memiliki alat, peralatan, dan kompartemen yang tepat untuk menyimpan semua jenis barang, dan jasa freight forwarder akan memastikan proses pengiriman berjalan baik.

Freight forwarder akan memastikan menjaga barang dengan perawatan maksimal. Kemasan yang lengkap menjaga barang-barang kecil dan halus tetap utuh. Pengangkut barang bekerja dengan dokumentasi digital dan manual yang tepat, itulah sebabnya mereka menawarkan jaminan bahwa barang-barang klien akan aman.

4. Hemat Biaya

Semakin besar paket yang dikirimkan, semakin mahal harganya. Namun, freight forwarder biasanya memiliki cara agar biaya pengiriman menjadi lebih terjangkau.

Selain itu, banyak pengirim barang menawarkan potongan harga untuk klien reguler dan mereka yang melakukan pengiriman besar. Forwarder memiliki sarana untuk mengangkut barang dalam jumlah besar, dan staf untuk memastikan proses berjalan lancar.

Itulah sebabnya mereka menawarkan layanan kelas satu dengan harga ekonomis.

7 Keunggulan Menggunakan Jasa Freight Forwarder: Menguntungkan Bisnis!

5. Dokumentasi Akurat

Perusahaan forwarding memiliki pengalaman beroperasi secara profesional. Bagi pemilik bisnis, pengiriman ke luar negeri bisa menjadi mimpi buruk jika pengangkut mereka menunjukkan disparitas dalam dokumentasi hukum. Kedua negara yang terlibat dalam transaksi bisnis bisa jadi tidak serta merta mengikuti seperangkat hukum dan peraturan yang sama.

Dokumentasi yang tidak lengkap dan tidak akurat dapat menyebabkan penundaan yang lama dan ini bisa berpengaruh pada penyelesaian transaksi yang biasanya melibatkan pihak. Freight forwarder memastikan bahwa semua dokumen tersusun lengkap, dan mengirimkan kargo mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

6. Manajemen Inventaris

Freight forwarder memiliki jaringan yang tersebar di mana-mana. Menyewa perusahaan pengiriman ini akan lebih mengefisienkan operasional bisnis Anda, jika harus mempekerjakan orang yang berbeda untuk tugas yang berbeda.

Perusahaan pengiriman barang memiliki sumber daya lengkap yang dapat membantu dalam mengelola inventaris secara efisien, dan menawarkan layanan cepat dan bebas repot yang membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

jasa freight forwarder

7. Pergudangan

Suatu bisnis menyewa jasa freight forwarder untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar. Meskipun forwarder dapat menjamin dan memastikan bahwa kiriman akan sampai ke tujuan, tetapi mereka juga memiliki opsi pergudangan jika, karena alasan tertentu, barang belum atau tidak dapat dikirimkan.

Forwarder juga akan menjamin keamanan barang, jika karena satu dan lain hal, barang harus transit dulu di negara lain. Mereka punya rekanan yang akan memastikan inventaris tetap aman.

Nah, sampai di sini kita bisa menyimpulkan, bahwa ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika memanfaatkan jasa freight forwarder untuk pengiriman barang Anda ke mana saja.

Freight forwarder menawarkan efisiensi, keamanan, efisiensi dan efektivitas biaya, serta kepraktisan baik untuk barang impor maupun ekspor. Jasa ini menawarkan paket yang komprehensif, termasuk penyewaan, penyimpanan, dokumen kepabeanan, dan alat transportasi.

Cari jasa freight forwarder yang terpercaya, agar pengiriman barang Anda lancar, bisnis pun sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.