Container 20ft: Pengertian, Keunggulan, dan Penggunaannya

Container 20ft: Pengertian, Keunggulan, dan Penggunaannya

Container menjadi komponen penting pada sektor pengiriman internasional melalui jalur laut dan darat. Jenis dan ukuran container pun beragam mengikuti kebutuhan konsumen dalam proses angkutan. Salah satu ukuran container yang banyak digunakan yaitu container 20ft.

Nah, apa saja sih yang perlu Anda ketahui tentang container 20ft? Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai.

Pengertian Cargo dan Jenis Pengiriman Cargo yang Perlu Diketahui

Pengertian Container 20f

Umumnya, container dikenal juga dengan sebutan peti kemas dengan standar ISO (International Standar Organization). Container berfungsi sebagai medium atau wadah untuk mengangkut barang kiriman berukuran besar yang dirancang untuk berbagai transportasi khususnya darat dan laut. Wadah ini cukup sering digunakan karena manfaat penggunaannya yang lebih aman dan efisien.

Berapa beban maksimum yang mampu diangkut container 20ft?

Berat container 20ft yang dibongkar adalah 2.300 kg. Secara teori dapat dimuat hingga berat maksimum 28 ton (25.400 kg). Namun, sebagian besar akan bergantung pada kemungkinan pembatasan jalur pelayaran, sifat muatan, dan detail spesifik pengiriman.

Penasaran berapa ukuran dimensi dalam dan luar berikut bukaan pintu dan volumenya? Nah, berikut ini ukuran untuk jenis container 20ft.

  • Ukuran container 20ft dimensi dalam yaitu 5,758 M (Panjang) x 2,352 M (Lebar) x 2,385 M (Tinggi)
  • Container 20ft dimensi luar ialah 6,058 M (Panjang) x 2,438 M (Lebar) x 2,591 M (Tinggi)
  • Ukuran bukaan pintu 2,343 M (Lebar) x 2,280 M (Tinggi)
  • Ukuran volume 33,1 M³

Kontainer pengiriman 20ft hadir dalam dua variasi umum dari model standar sesuai dengan kebutuhan pengiriman dan penyimpanan yang berbeda. Model container 20ft yang paling umum adalah container high cube yang dirancang untuk memberikan ruang untuk barang yang lebih tinggi.

Selain itu, container open top yang memiliki desain atap terbuka dan dimaksudkan untuk mengangkut kargo ekstra tinggi yang tidak dapat dimuat di dalam container high cube atau kontainer standar.

Fitur dan Keunggulan Container 20ft

Biasanya, container 20ft ini dilengkapi dengan fitur konstruksi baja yang kokoh dengan dinding bergelombang untuk kekuatan ekstra, lantai kayu laut yang tahan beban berat, pintu bukaan lebar tugas berat (270 derajat) untuk akses mudah, titik pengikat lantai untuk mengamankan barang, kantong forklift untuk penanganan dan mobilitas. Fitur tambahan juga dapat ditambahkan berdasarkan permintaan untuk memenuhi persyaratan tertentu. Hal itu dapat dinegosiasikan kepada jasa ekspedisi yang Anda gunakan.

Beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan terkait kontainer 20ft ini adalah kekuatan container, serbaguna, dan ramah lingkungan. Kontainer pengiriman dibuat untuk tahan terhadap kondisi laut lepas yang kasar, yang membuatnya sangat kuat dan tahan lama. Kontainer juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pengiriman, konversi untuk banyak tujuan, atau penyimpanan.

Selain itu, konversi kontainer laut menyediakan cara untuk membuat struktur menggunakan kontainer pengiriman lama yang dirancang ulang, meningkatkan cara kita memanfaatkan sumber daya dan meminimalkan pemborosan.

Wadah ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk sejumlah tujuan, misalnya seperti yang berikut ini.

Container 20ft: Pengertian, Keunggulan, dan Penggunaannya

Pengiriman Kargo

Inilah alasan mengapa kontainer pengiriman ditemukan. Dengan begini, konsolidasi barang dan penanganan menjadi lebih mudah.

Selain itu, juga memungkinkan transisi yang mudah dari satu moda transportasi ke moda transportasi lainnya. Ini semua terjadi sambil menjaga barang-barang di dalamnya aman dari unsur-unsur, pencurian, dan pencurian.

Penyimpanan

Container 20ft akan berfungsi dengan baik saat berada di lokasi tetap untuk menjaga barang-barang di dalamnya tetap aman.

Apa saja dapat disimpan dalam wadah laut termasuk peralatan, mesin, peralatan olahraga, dokumen, barang-barang rumah tangga, kendaraan bermotor dan banyak lagi. Container ini juga dapat digunakan sebagai unit sub-penyimpanan independen di dalam gudang untuk menyimpan barang-barang mahal dengan aman.

Konversi

Kontainer kargo telah terbukti cukup populer di luar wilayah normalnya dan semakin banyak diubah menjadi struktur yang berbeda untuk digunakan di luar industri perkapalan. Konversi kontainer pengiriman populer termasuk akomodasi, kantor, unit wudhu, gudang, toko pop-up, hingga kafe.

Jutaan kontainer pengiriman yang sudah tidak dapat digunakan untuk pengiriman, menunggu inovasi untuk digunakan dengan tujuan lain. Dengan pergantian milenium, penggunaan kontainer pengiriman terus tumbuh selama satu setengah dekade terakhir seiring dengan booming perdagangan internasional.

Karena jumlahnya yang berlebihan, kontainer pengiriman semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari saat kita terus mendaur ulang kotak-kotak ini untuk kegunaan yang berbeda. Belakangan, kontainer tak terpakai telah digunakan untuk berbagai industri seperti konstruksi, eceran, hotel dan rekreasi, cafe, pertambangan, perumahan, dan lainnya.

Demikianlah sekilas pengertian container 20ft, sekaligus keunggulan dan penggunaannya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.