Cara Belanja di Alibaba: Mudah dan Antiribet

Cara Belanja di Alibaba: Mudah dan Antiribet

Anda mungkin sudah tidak asing dengan marketplace asal Tiongkok, Alibaba. Popularitasnya di tengah hiruk pikuk e-commerce sudah tak bisa diragukan lagi. Namun, bagi Anda yang baru mendengar, pasti penasaran bagaimana cara belanja di Alibaba?

Perlu diketahui, Alibaba telah menjangkau customer sebanyak kurang lebih 200 negara di seluruh dunia. Metode pembayaran hingga pengiriman pun tersedia dengan beragam kurs dari berbagai negara. Karena itu, perlu ketelitian dalam memilih cara belanja di Alibaba.

Alibaba.com memiliki konsep yang cukup berbeda dengan marketplace lainnya. Konsep penjualan yang digunakan terutama sangat cocok untuk kulakan, seperti bagi supplier, produsen, atau wholesaler dengan menyediakan display produk dagang yang sangat beragam.

Umumnya, penjual yang memasarkan barang melalui Alibaba merupakan penjual-penjual besar dari Tiongkok. Para penjual tersebut menjual produk dengan kuantitas besar, dan jarang melayani satuan. Untuk barang satuan sendiri dapat dibeli melalui anak perusahaan Alibaba, yaitu Aliexpress. Karenanya, tak salah, banyak juga pebisnis Indonesia yang kulakan melalui situs ini.

Berbagai produk tersedia dalam marketplace ini, dari keperluan makanan, pakaian, kosmetik, atau bahkan produk bahan baku industri termasuk mesin produksi, bahan kimia, dan lainnya.

Cara belanja di Alibaba yang harus diketahui sebelumnya adalah transaksi dilakukan dengan menghubungi penjual lewat fitur chat, telepon, atau lainnya. Artinya, Anda tidak dapat memesan langsung via website tanpa melakukan kontak dengan penjual.

Namun, untuk metode pembayaran Anda tidak perlu khawatir. Banyak metode yang disediakan untuk memudahkan pengguna marketplace ini. Misalnya dengan kartu kredit, PayPal, atau Western Union.

Banyak Peminat, Bisnis Impor 7 Barang Unik dan Lucu dari Tiongkok Ini Laku Keras!

Keuntungan Belanja Barang di Alibaba

Mengapa banyak orang tertarik untuk belanja barang di Alibaba?

Tentunya, hal ini bukan tanpa alasan. Alibaba mempunyai beraneka ragam penawaran yang menguntungkan, beberapa di antaranya dari segi kualitas produk hingga besarnya kuantitas pembelian dengan harga terjangkau. Selain itu, apa saja keuntungan membeli barang di Alibaba?

Banyak produk unik

Lewat Alibaba, Anda dapat menemukan barang-barang unik dengan rancangan kreativitas yang tinggi, yang jarang bisa ditemukan di tempat lain. Produk dagangnya pun jarang ada di toko dalam negeri. Ini menjadikan barang-barang di Alibaba selalu menarik minat banyak konsumen.

Sistem grosir

Pembelian sistem grosir menjangkau produk dengan harga yang jauh lebih murah. Selain dapat digunakan sendiri, Anda dapat membuka bisnis sendiri dengan menjual produk impor Tiongkok ini. Alibaba juga menawarkan free shipping atau gratis ongkir untuk beberapa produk. Sebuah keuntungan berlipat ganda, dengan harga ekonomis, kualitas tinggi, ditambah dengan bebas biaya ongkos. Betul?

Dijamin keamanannya

Transaksi pembelian terjamin keamanannya dari mulai metode pembayaran hingga pengembalian dana apabila terjadi ketidaksesuaian barang yang diterima dalam perjanjian pembelian.

Jumlah bisa disesuaikan

Dengan membeli barang di Alibaba, Anda mampu memasok barang dengan kuantitas di atas rata-rata. Anda juga dapat memberikan permintaan dengan jumlah tertentu. Hal ini yang menjadi keunggulan besar bagi Alibaba, yang sampai saat ini belum dapat disaingi oleh kompetitornya.

Mengulik INSW HS Code, Berikut Cara Mengetahui dan Membacanya

Cara Belanja di Alibaba dengan Mudah dan Aman

Apabila Anda tertarik untuk mulai berbisnis dan berbelanja di Alibaba, berikut cara belanja di Alibaba, dan langkah-langkah yang harus diterapkan.

Buatlah akun di website Alibaba.com

Anda harus mendaftarkan diri untuk dapat menjelajahi dan memulai transaksi ketika menemukan barang yang diinginkan.

Pertama, kunjungi halaman website Alibaba, kemudian di bagian kanan atas Anda akan melihat fitur “Join Free”, klik fitur tersebut untuk mendaftarkan diri.

Setelah muncul halaman pengisian formulir data diri, silahkan Anda lengkapi dengan informasi yang sesuai. Jika sudah, klik “Agree and Register”. Cek kotak masuk di email Anda untuk melihat kode verifikasi yang dikirimkan. Setelah itu, masukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia dan klik submit. Akun Anda berhasil dibuat.

Carilah produk incaran yang Anda inginkan

Saat mencari, akan banyak pilihan seller yang menjual dengan beragam penawaran harga. Anda harus berhati-hati dalam memilih seller atau penjual. Pastikan penjual barang incaran Anda sudah tepercaya dengan review yang bagus.

Memilih barang bisa dilakukan berdasarkan kategori yang ada, ataupun dengan mencari di kolom search. Anda akan melihat status Trade Assurance dan atau Verified Supplier, jika seller sudah memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Anda juga perlu memastikan hal lain, seperti:

  • Spesifikasi produk dari foto, kelengkapan hingga harga produk. Beberapa seller tidak yang tidak mencantumkan harga artinya produk tersebut membuka penawaran, klik tombol “Get latest price” untuk mengetahui lebih lanjut.
  • Profil seller lengkap dengan dokumentasi perusahaan berupa video atau foto
  • Kapasitas produksi dan perdagangan eksport maupun lokal
  • Metode pembayaran dan pengemasan barang termasuk biaya pengiriman
Cara Belanja di Alibaba: Mudah dan Antiribet

Pilih metode pengiriman barang

Setelah memilih barang tiba, saatnya Anda memilih metode pengiriman. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam transaksi belanja di Alibaba antara seller dan pembeli harus melakukan kontak terkait negosiasi, metode bayar, dan jasa pengiriman.

Di Alibaba, jasa pengiriman barang tersedia berbagai macam. Pilihlah ekspedisi yang tepercaya.

Tak lupa, Anda juga harus memastikan Harmonized System Code, atau dikenal dengan HS Code. Hal ini penting untuk impor barang ke Indonesia untuk menentukan tarif bea cukai, dan lainnya.

Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan

Beragam pilihan metode pembayaran sudah tercantum di sebelah detail produk. Anda dapat memilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk mempermudah proses pembayaran, disarankan menggunakan Western Union dengan menggunakan jasa Pos Indonesia, Indomaret, Alfamart, atau pegadaian.

Tracking barang yang dikirimkan

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima email konfirmasi pembayaran yang telah berhasil. Anda hanya tinggal menunggu barang sampai yang memakan waktu paling lama 2 minggu. Jika lebih lama dari itu, kemungkinan barang kiriman tertahan di bea cukai.

Untuk memantau proses pengiriman, Anda bisa melihat di sistem tracking pada website Alibaba atau melalui perusahaan ekspedisi (freight forwarder) yang mengangkut barang Anda. Proses tracking dilakukan dengan memasukkan nomor pesanan, nomor container, atau nomor Bill of Lading.

Nah, mudah sekali bukan, cara belanja di Alibaba ini? Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis impor dan mendulang keuntungan dengan kulakan di Alibaba?

Semoga sukses, dan informasinya bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.