Apa Itu Custom Clearance? Cek Penjelasannya Disini!

Apa Itu Custom Clearance? Cek Penjelasannya Disini!

custom clearance

Custom Clearance yang dimaksud adalah kegiatan pengurusan shipment atau cargo untuk kebutuhan ekspor maupun impor seperti pajak, kepabeanan, dan dokumen terkait supaya cargo atau barang tersebut dapat di distribusikan pada suatu negara. Di Indonesia, Custom Clearance adalah istilah prosedur penerimaan barang impor. Istilah ini biasanya sering muncul dan digunakan pada perusahaan yang bergerak dalam ekspor dan impor.

Secara umum, Custom Clearance merupakan sistem layanan untuk menyelesaikan dan mengurus seluruh dokumen yang berkaitan dengan administrasi, biaya pajak. Selain itu, berbagai hal lainnya atas suatu barang impor maupun barang ekspor, sampai dengan dikeluarkannya surat persetujuan untuk mengeluarkan barang tersebut. Proses ini juga dikenal sebagai prosedur administrasi pengiriman dan pengeluaran barang dari pelabuhan muat atau bongkar yang harus melewati proses dari Bea Cukai. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa semua prosedur ekspor dan impor harus melewati proses dari Bea Cukai. Prosedur ini tentu saja akan dikenakan pajak dari Bea Cukai serta pajak lainnya. Namun perlu di ingat, tidak semua proses ekspor dan impor akan dikenakan pajak. Berdasarkan hukum, masih ada beberapa barang yang akan dibebaskan dari pajak Bea Cukai saat proses ekspor dan impor.

Sebagai informasi tambahan, sebagai pengusaha ekspor dan Impor Anda harus mematuhi tahapan dari Bea Cukai. Maka tidak heran jika proses Custom Clearance ini sangat ketat dan berbelit. Berikut ini tahapan dan jalur sistem yang akan Anda lalui jika ingin mengurus custom clearance sendiri.

7 Tahap Proses Menerima Barang Import

Jika anda ingin mengurus sendiri berikut adalah tahapan yang harus Anda lakukan jika menerima barang Impor sendiri.

Tahap pertama adalah persiapan. Disini Anda harus berkoordinasi dengan bagian purchasing yang akan membeli produk Anda tersebut. Lalu tahap yang kedua adalah laporan. Pada tahap ini, eksportir biasanya mengirimkan berkas-berkas yang berisi dokumen estimasi kedatangan, jumlah barang yang dikirim, cara pengiriman, pengemasan dan informasi lain yang dibutuhkan.

Tahap ketiga adalah koordinasi estimasi kedatangan barang dengan Bea Cukai. Koordinasi ini dilakukan agar Bea Cukai dapat mempersiapkan di blok mana kiriman akan di bongkar dan selanjutnya diperiksa.

Tahap keempat adalah koordinasi dengan jasa forwarder barang untuk memilih jasa pengangkutan barang dari pelabuhan ke tempat perusahaan penerima berada.

Tahap kelima adalah pengecekan dokumen yang dilakukan Bea Cukai dan pihak Forwarder.

Tahap ke enam adalah gudang penyimpanan. Apabila forwarder tidak langsung mengirimkan ke perusahaan, maka kita harus membayar sewa penyimpanan barang di gudang Bea Cukai.

Tahap ketujuh adalah pengambilan barang, apabila dokumen telah lengkap dan disetujui Bea Cukai, maka forwarder dapat mengambil barang tersebut untuk dikirimkan ke penerima. Tahapan sebanyak ini tidak harus Anda lakukan sendiri apabila Anda sudah memilih perusahaan custom clearance di Jakarta yang sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan Anda.

4 Jalur Sistem Bea Cukai

Bagi Anda yang lebih memilih Custom Clearance konvensional dibandingkan memilih perusahaan penyedia jasa. Sangat penting bagi Anda mengetahui penjaluran Bea Cukai sebagai bentuk pengawasan, setelah Anda diberikan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB). Ada empat jalur yang akan diberikan pada perusahaan.

Jalur pertama adalah jalur hijau, jalur ini diberikan pada importir yang memiliki track record yang baik dan berasal dari komoditi impor yang berisiko rendah.

Jalur kedua adalah jalur merah, jalur ini diberikan pada importir baru serta importir lama yang memiliki catatan khusus dan importir yang berisiko tinggi karena memiliki track record yang kurang baik.

Jalur ketiga adalah jalur kuning, jalur ini diberikan pada perusahaan yang memiliki track record yang baik dan berasal dari komoditi impor yang berisiko rendah yang pemeriksaannya berdasarkan random sampling.

Jalur keempat adalah jalur prioritas, jalur ini khusus importir yang memiliki track record yang sangat baik sehingga izin pengeluaran bersifat otomatis.

Agar perusahaan Anda berada di jalur yang tepat, diperlukan kemampuan tentang ekspor dan impor serta pengetahuan di bidang Kepabeanan. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih, akan lebih baik bagi Anda untuk mencoba menggunakan memilih perusahaan penyedia jasa ini di Indonesia.

Jasa Custom Clearance Murah

Sudah tertarik menggunakan perusahaan penyedia layanan Custom Clearance? Agar lebih yakin, berikut adalah manfaat yang akan Anda peroleh jika Anda menggunakan jasa pelayanan Custom Clearance. Kelebihan yang pertama, perusahaan pelayanan Custom Clearance akan membantu keseluruhan tahap dari proses perizinan Bea Cukai secara resmi.

Biasanya, perusahaan penyedia jasa Custom Clearance atau perusahaan pengurusan jasa kepabeanan telah memiliki izin dari Kantor Bea dan Cukai, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan legalitas jasa tersebut. Kelebihan yang kedua adalah efisiensi dan kecepatan dari proses Custom Clearance. Tidak jarang, perusahaan memberikan waktu pelayanan selama 24 jam secara penuh.

Kelebihan lainnya yang dapat Anda rasakan saat menggunakan perusahaan penyedia layanan custom clearance di Jakarta adalah, Anda akan memiliki konsultan kepabeanan yang mengerti betul tentang kepabeanan. Karena setiap konsultan pastinya harus lulus sertifikasi keahlian dalam kepabeanan dari Bea Cukai.

Kelebihan yang terakhir, biasanya perusahaan yang ternama akan memberikan harga yang wajar dan terjangkau. Setiap biaya juga pasti akan ditransparansikan sebelum perjanjian pelayanan Custom Clearance disepakati kedua belah pihak, sehingga tidak akan ada biaya tambahan yang tidak diberitahukan kepada perusahaan sebelumnya.

Nah, itu dia penjelasan tentang jasa Custom Clearance. Tunggu apalagi, segera percayakan proses kepabeanan Anda pada perusahaan penyedia layanan Custom Clearance. Anda bisa percayakan kepada kami sebagai perusahaan penyedia jasa custom clearance terpercaya. Silakan hubungi kami agar proses custom clearance di Jakarta untuk bisnis ekspor dan impor Anda menjadi lebih mudah.

konsultasi gratis ppjk

Konsultasi Impor Gratis
TLP/WA:  +62-813-8834-2235
Lokasi: Ruko Cordoba Block A No.26
JL. Marina Indah, Pantai Indah Kapuk, Kamal Utara, Jakarta Utara 14470

Leave a Reply

Your email address will not be published.