Prosedur Import Barang Dari China Ke Indonesia

Dalam import barang dari china, tentu tidak semudah pengiriman lainnya. Anda perlu mengetahui prosedur import yang benar agar pengiriman dilakukan dengan cepat dan aman. Barang yang dikirimkan ke Indonesia juga dapat cepat sampai ke alamat tujuan. Untuk itu, sebelum Anda melakukan import barang ada baiknya Anda mengetahui prosesdur dan apa saja yang Anda perlukan ketika pengiriman.

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Import Barang

Apabila Anda baru pertama kali melakukan import barang khususnya dari china yang akan dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia, maka Anda bisa perhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Ketahui apakah barang yang akan Anda kirimkan termasuk barang yang dilarang atau tidak. Karena tidak semua barang bisa dikirim ke Indonesia dan hanya barang tertentu saja yang bisa dikirim. Dalam hal ini Anda bisa ketahui jenis barang tersebut melalui www.insw.go.id
  2. Persiapkan legalitas atau perijinan yang diperlukan untuk pengiriman. Hal ini diperlukan sebagai syarat utama untuk import barang. Jika syarat tidak terpenuhi maka import barangpun akan sulit untuk dilakukan.
  3. Ketahui mengenai informasi tentang HS (Harmonized System) barang yang akan diimpor. No HS tersebut sangat berkaitan dengan pembayaran Pajak dan Bea Masuk.

Setelah mengetahui hal tersebut diatas, maka prosedur import barang pastinya akan dengan mudah dilakukan.

Langkah-langkah Import Barang Dari China

Mengimport barang dari china dengan mempersiapkan syarat tersebut prosesnya pasti akan lebih mudah. Anda bisa melanjutkan langkah-langkah berikut ini untuk kegiatan import Anda :

  1. Pengiriman barang dari luar negeri termasuk dari china dilakukan dengan dua jalur bisa dengan jalur udara dan jalur laut.
  2. Setelah memilih jalur pengiriman, Anda bisa meminta kelengkapan dokumen import dari pihak supplier yang ada di luar negeri untuk segera dikirimkan ke Indonesia.
  3. Ketika dokumen yang diperlukan sudah lengkap Anda bisa melakukan pembayaran bea masuk dan pajak import sesuai dengan jenis barang yang akan Anda import. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah.
  4. Begitu pembayaran selesai dilakukan selanjutnya Anda bisa memberitahukan kepada pihak bea cukai. Dengan menggunakan dokumen pemberitahuan import barang atau disebut dengan PIB beserta dokumen import dan pelengkapnya. Setelah itu pihak bea cukai akan menetapkan jalur hijau, kuning, merah, atau jalur prioritas untuk proses import Anda.
  5. Proses selanjutnya pihak bea cukai  akan menerbitkan SPPB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang) jika importasi Anda sudah disetujui. Jika SPPB tersebut sudah terbit, maka secara hukum kegiatan import Anda legal atau diijinkan.
  6. Setelah diijinkan, selanjutnya barang akan mulai dikirimkan yang diawali dengan proses pengangkutan barang impor dari kawasan pabean (TPS / Airport) ke tempat Anda. Biasanya proses ini dilakukan menggunakan transportasi darat seperti truk, bus, mobil dan sebagainya. Anda bisa tentukan sendiri jenis transportasi yang akan digunakan.

Nah itulah proses import barang dan prosedurnya. Bagaimana agar proses import barang dilakukan dengan mudah? Solusinya adalah dengan menggunakan jasa ekspedisi import.

Customclearance.Id Perusahaan Ekspedisi Import China Indonesia

Untuk memudahkan Anda dalam proses import barang, Anda bisa dengan melakukan import menggunakan jasa dari Kami. Kami Customclearance.id adalah jasa custom clearance yang tidak hanya membantu dalam proses import barang namun juga mengurus segala keperluan import barang Anda. Caranya dengan mengkonsultasikannya kepada Kami.

Kami yang didukung tim berpengalaman akan mengurus segala kebutuhan import Anda dengan baik. Anda bisa melakukan import barang melalui jasa Kami dan dijamin barang yang Anda kirimkan akan sampai ke alamat Anda dengan selamat. Informasi lebih lanjut untuk menggunakan jasa Kami bisa menghubungi nomor Kami.

Konsultasi Impor GRATIS
TLP/WA: +62-813-8834-2235
Lokasi: Ruko Cordoba Block A No.26
JL. Marina Indah, Pantai Indah Kapuk, Kamal Utara, Jakarta Utara 14470

Leave a Reply

Your email address will not be published.